Tips Memilih Obat Batuk Sirup yang Aman Untuk Anak

tehgilang

Kenali gejala batuk pada anak dan cara memilih obat batuk anak yang tidak membahayakan

Teman-teman pasti pernah mendengar kasus tentang obat batuk sirup yang sebabkan anak gagal ginjal, bukan? Nah, sebagai orang dewasa, kita memang harus selektif dalam memberikan obat batuk sirup yang aman untuk anak.

Benar, meski anak-anak mengalami gejala batuk yang sama, sesuai jenis batuk yang diderita. Memberikan obat untuk mereka juga tidak boleh sembarangan. Mulailah dari mengetahui bahan-bahan yang tidak boleh dipilih.

Sekalipun sudah berkonsultasi dengan dokter, kita harus tetap bisa memastikan jika kandungan obat sirup yang diberikan memang aman untuk anak konsumsi.

Di artikel kali ini, saya akan mengajak teman-teman untuk mengetahui bahan berbahaya apa saja yang tidak boleh ada pada obat batuk anak dan tips memilih obat batuk anak yang aman. So, stay tune sampai selesai, ya!

Hati-hati, Ini Kandungan Bahan Berbahaya dalam Obat Batuk Sirup Anak

Obat batuk seringkali dianggap sebagai solusi cepat untuk meredakan gejala batuk pada anak. Namun, tidak semua obat batuk cocok untuk anak-anak.

Beberapa kandungan bahan dalam obat batuk justru dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan mereka.

kandungan bahan berbahaya pada obat batuk anak yang bisa menyebabkan gagal ginjal

Berikut kandungan bahan yang tidak umum atau anomali pada obat batuk anak yang menyebabkan kejadian luar biasa (KLB) gagal ginjal akut (GGA) pada anak di tahun 2022:

1. Ethylene Glycol (EG)

EG adalah senyawa kimia yang sering digunakan sebagai bahan pendingin dalam cairan pendingin mesin dan cairan pembersih. Ini bukan bahan yang dimaksudkan untuk dikonsumsi manusia.

Hanya saja dalam proses produksi obat batuk kemungkinan obat tercemar bahan ini bisa terjadi. Selama cemarannya dalam batas ambang aman sesuai pedoman buku BPOM sebenarnya tidak masalah.

Namun jika kandungan atau cemaran EG pada obat batuk anak melebihi ambang batas dan anak mengonsumsinya secara tidak sengaja, maka EG dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang parah dan bahkan berakibat fatal.

Baca juga: Menderita Batuk Kering? Coba Bahan Alami Ini!

2. Diethylene Glycol (DEG)

DEG adalah senyawa kimia yang mirip dengan EG dan sering digunakan dalam industri sebagai pelarut, bahan bakar, atau bahan kimia pengawet.

Seperti EG, DEG juga bisa merusak ginjal jika dikonsumsi oleh anak, yang dapat mengakibatkan GGA dan komplikasi serius lainnya.

3. Ethylene Glycol Butyl Ether (EGBE)

EGBE adalah senyawa kimia yang sering digunakan dalam industri sebagai pelarut atau bahan baku dalam pembuatan produk kimia.

Paparan atau konsumsi EGBE dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, kulit, dan mata. Jika anak mengonsumsinya, dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius serta masalah kesehatan lainnya.

Penting untuk menjaga bahan-bahan berbahaya seperti EG, DEG, dan EGBE tetap terpisah dari obat-obatan dan bahan makanan anak-anak.

Baca juga: Rekomendasi Obat Batuk Berdahak yang Alami

Jika terjadi kecurigaan bahwa anak telah terpapar atau mengonsumsi salah satu dari bahan ini, segera cari bantuan medis darurat untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

tips memilih obat batuk yang aman untuk anak dengan melakukan pembelian di apotik

Daftar Obat Batuk Sirup yang Ditarik dari Pasar

Kementerian kesehatan republik Indonesia (Kemenkes) di tahun 2022 menggelar uji sampel obat batuk anak sirup sebanyak 39 bets dari 26 obat batuk.

Hasilnya ada 5 merek obat batuk sirup khusus anak yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) melebihi ambang batas aman.

Berikut 5 obat batuk anak yang ditarik peredarannya dari pasaran:

  • Termorex Sirup (obat demam).
  • Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu).
  • Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu)
  • Unibebi Demam Sirup (obat demam).
  • Unibebi Demam Drops (obat demam).

Baca juga: Ibu Hamil? Jangan Sembarangan Minum Obat Batuk, Ini Dia Rekomendasinya!

Tips Memilih Obat Batuk Sirup yang Aman Untuk Anak

Obat batuk adalah salah satu solusi umum untuk meredakan gejala batuk pada anak. Namun, penting untuk memilih obat batuk yang aman dan sesuai dengan kebutuhan anak.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih obat batuk untuk anak:

1. Periksa Izin Edar dari BPOM

Pastikan obat batuk yang akan Anda beli telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ini menjamin bahwa obat tersebut telah melalui uji keamanan dan kualitas yang ketat sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Baca Juga: Ciri-ciri Batuk Alergi pada Anak

2. Beli di Apotek Resmi

Hindari membeli obat batuk dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya.

Selalu beli obat batuk dari apotek resmi atau toko obat yang terpercaya untuk memastikan keaslian dan kualitas produk.

pentingnya mengonsumsi Obat batuk sirup yang aman untuk anak supaya terhindar dari penyakit berbahaya

3. Gunakan Sesuai Aturan Pakai

Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat batuk.

Pastikan untuk memberikan dosis yang sesuai dengan usia dan berat badan anak, serta jangan mengubah dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Batuk Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati Ciri Batuk Berbahaya

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilihlah jenis obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk yang dialami oleh anak.

Misalnya, untuk batuk kering, pilih obat batuk yang mengandung zat penekan batuk, sedangkan untuk batuk berdahak, pilih obat batuk ekspektoran yang membantu melunakkan lendir.

5. Perhatikan Efek Samping dan Kontraindikasi

Sebelum memberikan obat batuk kepada anak, perhatikan efek samping dan kontraindikasi yang mungkin terjadi.

Baca dengan cermat informasi yang tertera pada kemasan obat dan konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika ada kekhawatiran.

Baca Juga: Gejala dan Jenis Batuk Secara Umum

Sebagai orang dewasa, kita harus selektif dalam memberikan obat batuk untuk anak. Jangan sampai ada bahan-bahan berbahaya yang bisa mengancam kesehatan, bahkan keselamatan mereka.

Pastikan kamu membeli obat batuk yang aman untuk anak. Kamu bisa menerapkan beberapa tips dalam artikel kali ini dan mengetahui 5 merek obat yang ditarik dari pasaran.

14 pemikiran pada “Tips Memilih Obat Batuk Sirup yang Aman Untuk Anak”

  1. Beberapa waktu lalu ya ramai masalah obat sirup anak yang malah bikin anak gagal ginjal. Ngeri saat berita itu seliweran. Memang kudu banget belinya di apotek resmi. Seenggaknya, kita akan merasa lebih aman karena tentunya mereka menggunakan obat-obatan yang asli.

    Balas
  2. kadang tuh nggak habis pikir kok bisa-bisanya bikin obat yang seharusnya bisa menyembuhkan malah jd bikin penyakit baru. beberapa obat yang ditarik dari pasar aku familiar karena sodara pernah pake. emang kudu hati-hati bgt ya milih obat anak ini

    Balas
  3. Duh bahaya memang kalau kandungan-kandungan berbahaya itu sampai dikonsumsi anak-anak dalam bentuk obat batuk. Alih-alih agar batuk sembuh, maka semakin anak sakit. Dan salah satu daftar obat batuk yang ditarik itu sangat terkenal. Kayaknya krucil saya dulu pernah minum. Jadi orang tua memang harus jeli saat membeli obat abtuk untuk anak.

    Balas
  4. Thanks sharingnya kak . Sekarang ini lg musim batuk di sekolah anak, 2 anakku jg kena. Harus hati2 milih obat batuk, kalau salah pilih khawatirnya malah memperparah sakit

    Balas
  5. Sempat viral waktu itu ya tentang obat sirup yang bikin gagal ginjal pada anak-anak. Sampai banyak yang kebingungan harus gmana pas anaknya pada sakit. Untunglah pemerintah segera mengeluarkan data-data mana obat yang termasuk kategori berbahaya dan mana yang aman.
    Sebagai orang tua memang harus sangat hati-hati, ya, dalam memilihkan obat apapun untuk anak. Yakinkan kalau obat yang kita siapkan adalah obat yang aman

    Balas
  6. Sebagai orang tua, kita memang harus hati-hati memilh obat untuk anak, ya. Jangan sampai ada bahan-bahan berbahaya yang bisa mengancam kesehatan, bahkan keselamatan anak. Niatnya mau menyembuhkan bukan membahayakan.

    Balas
  7. agak ngeri juga beberapa obat anak yang punya kandungan bahan yang tidak umum yang melebihi ambang batas aman seperti beberapa sirup obat batuk anak ini. meskipun sedikit lega udah ditarik dari perederan, tapi kita masih perlu teliti dan selektif lagi memilih obat untuk anak.

    Balas
  8. Wah, bener-bener harus hati-hati ya, Mbak! Gak nyangka banget ada bahan-bahan berbahaya kayak EG, DEG, dan EGBE di obat batuk anak. Makasih udah sharing tips dan info penting kayak gini, jadi jelas banget gimana cara pilih obat batuk yang aman buat si kecil. Aku pasti bakal lebih selektif lagi pas beli obat. Semoga yang lain juga bisa aware sama ini ya! 🙏💊

    Balas
  9. Beli obat batuk sirup buat anak sebaiknya memang di apotek, karena pastinya smeua yang dijual di sana aman. Kalau di apotek bisa sekalian konsul sama apotekernya obat yang cocok untuk usia anak kita

    Balas
  10. Aku jadi teringat kembali mengenai pentingnya Ibu teliti dalam memberikan obat batuk kepada anak meskipun dengan resep dokter. Karena bahan-bahan yang sempat viral dulu itu, bikin orangtua waswas yaa..
    Jadi teliti dan kapau perlu dicatat dan dilihat saat membeli Obat Batuk Sirup untuk anak.

    Balas
  11. Hal yang pertama kali aku lihat setelah takaran penggunaan, dosisnya seberapa yang cocok, setelah itu efek sampingnya hehe.. kalo efek sampingnyaa ga bisa kehandle anakku biasanya aku ngga kasih, dan konsul sama dokter dlu yaa teh

    Balas
  12. Memang obat sirup itu paling gampang untuk diminum anak anak ya
    Tapi emang sebagai orang tua harus selektif dalam memilih sirup obat batuk untuk anak

    Balas

Tinggalkan komentar