Kursus Online Gratis Cara Edit Video di Platform Belajar Online Indonesia

Belakangan ini saya sangat senang mengikuti kursus online gratis dan juga webinar online di salah satu platform belajar online Indonesia. Soalnya saya bertekad untuk meningkatkan skill keterampilan digital milenial, dan juga keterampilan sukses milenial saya dalam rangka pengembangan karir. Secara saya bekerja di dunia digital. Jadi, kalau tak upgrade skill tentu saja bisa-bisa saya tenggelam.

Pentingnya Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri di Era 4.0

Di era 4.0 menuju society 5.0 saat ini tentunya perencanaan karir dan pengembangan diri pun harus tetap dilakukan. Mengapa begitu? Karena hal ini akan membantu kita untuk terhindar dari kebingungan saat masuk ke dunia kerja. Terutama bagi yang baru saja terjun memasuki dunia kerja.

Perencanaan karir dan pengembangannya penting untuk menentukan jenjang karir. Jadi nantinya kita tak lagi terjebak untuk bekerja pada posisi yang tidak diminati. Yang mana bisa membuat karir terhenti atau tidak berkembang. Hal ini biasanya juga memengaruhi kinerja, atau hasil yang pekerjaan kamu, sehingga bisa ikut merugikan perusahaan.

Lalu, di mana saya belajar tentang perencanaan karir dan pengembangan diri, serta skill digital cara edit video ini? Saya mempelajarinya dari kursus online gratis personal development dan juga kursus Panduan Editing Video dengan VSDC Video Editor di QuBisa. Video microlearning, dan kursusnya singkat tapi manfaatnya sungguh terasa.

Tentang QuBisa

Berbicara tentang belajar secara online dan gratis mengenai personal development dan editing video dari QuBisa ini, apakah kamu sudah tahu apa itu QuBisa?

QuBisa merupakan platform belajar online Indonesia yang memiliki misi untuk membantu mahasiswa, pekerja profesional, dan masyarakat umum dalam meningkatkan kemampuan diri serta digital. Baik itu secara teknikal maupun soft skill.

#BelajarGakRibet dengan QuBisa dapat dicoba melalui kursus online gratis maupun berbayar, webinar Indonesia, hingga program keterampilan digital milenial (KDM), keterampilan sukses milenial (KSM), dan juga QuBisa Goes to Campus. Kok bisa banyak begitu? Karena sesuai tagline-nya “Aku bisa. Kamu bisa!”

Kursus Online Gratis Edit Video di Platform Belajar Online Indonesia

Pilihan Kursus Gratis yang Ada di QuBisa

Sebagai platform kursus online, QuBisa memiliki banyak pilihan pelatihan atau kursus yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Penasaran kategorinya ada apa saja? Mari disimak sampai akhir ya!

  • Business

Pada kategori bisnis, kamu bisa mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan pengelolaan bisnis. Mulai dari cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Lalu terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan. Kemudian ide bisnis rumahan, entrepreneurship, manajemen, industri, media pemasaran, hingga strategi digital marketing terkait bisnis.

Pembelajarannya pun tak hanya didapatkan dari kursus online saja. Ada juga webinar gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan video microlearning juga.

  • Finance & Accounting

Keuangan dan akuntansi tentunya tak bisa dipisahkan dari bisnis, ya, kan? Nah, pada kategori ini kamu bisa mempelajari tentang cara mengatur keuangan, lalu investasi dan trading, serta alat maupun cara yang bisa digunakan dalam melakukan manajemen keuangan yang baik.

  • Human Resource

Pada platform belajar online kategori sumber daya manusia atau human resource, QuBisa memiliki banyak kursus dan microlearning terkait HR Management, lalu HR Transformation, pengembangan organisasi, dan semua hal yang berkaitan seputar seleksi, dan rekrutmen pegawai.

  • IT & Software

Di era teknologi yang berkembang pesat dan memasuki bisnis 4.0, kemampuan IT dan perangkat lunak tentunya sangat dibutuhkan ya teman-teman. Untuk teman-teman yang tertarik mempelajarinya sambil mengisi waktu di rumah aja selama pandemi, ada 2 sub kategori yang bisa dipilih, yaitu semua tentang IT dan software, serta sistem operasi.

  • IT Development

Teman-teman suka belajar tentang IT seperti machine learning, mobile development, bahasa pemrograman, dan juga pengembangan situs, maka cocok sekali untuk mencoba platform kursus secara online ini secepatnya agar kemampuan di bidang tersebut bisa meningkat.

  • Lifestyle & Health

Pada kategori kursus gratis yang bisa teman-teman coba dari mana saja, dan kapan saja karena aksesnya melalui internet atau online  ini ada beberapa sub kategori yang menarik.

Mulai dari beauty dan makeup, food beverage, gaming, kesehatan umum, musik, olahraga, hingga travel.

  • Personal Development

Yang satu ini merupaka salah satu kategori favorit saya karena sub kategori belajar online tanpa biayanya atau gratis ini pilihan sub kategorinya ada banyak, seperti pengembangan karir, kreativitas, kepemimpinan, motivasi, personal brand building, psikologi, dan manajemen stres.

  • Sales & Marketing

Pada bagian sales dan marketing teman-teman bisa belajar seputar digital marketing, product marketing, dan social media marketing yang berguna untuk bisnis di era digital.

  • Teaching & Academics

Terakhir, ada kursus atau webinar gratis asli Indonesia yang bisa dicoba terkait tema geografi, sejarah, dan juga bahasa.

Keuntungan Belajar Online Tanpa Biaya maupun Berbayar di QuBisa

Platform kursus online yang bisa dipilih saat ini memang banyak. Namun, yang jadi pertanyaannya kenapa saya lebih memilih QuBisa? Alasannya karena banyak benefit yang saya dapatkan, seperti di bawah ini!

  1. Materi dan pilihan kursusnya banyak serta lengkap. Baik itu yang gratis maupun berbayar.
  2. Instrukturnya berpengalaman. Misalnya saja pada kursus panduan edit video dengan VSDC itu instrukturnya berpengalaman di bidang IT, dan sudah menulis 48 buku yang berkaitan dengan bidang IT.
  3. Ada road map karir melalui webinar yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.
  4. Kursus online bersertifikat. Iya, walaupun gratis tapi ada sertifikatnya, terutama yang webinar online.
  5. Bisa konsultasi karir.
  6. Selain kursus gratis yang dilakukan secara online, untuk kursus atau webinar berbayarnya pun harganya terjangkau. Mulai dari 20 ribu rupiah juga ada temans.
  7. Mudah diakses. Bisa melalui desktop ataupun aplikasi mobile nya yang bisa diunduh di Play Store.

Jadwal Webinar QuBisa Mei dan Juni 2021

Seperti yang sudah saya bilang di atas pada aplikasi untuk belajar secara online ini tak hanya melalui microlearning saja. Namun juga bisa memilih webinar gratis yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain melalui kategori, teman-teman bisa langsung menggunakan tab menu webinar.

  1. Gossip in the Office (Kalo Tembok Bisa Ngomong) – Rabu, 19 Mei 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  2. Penyesalan Trilogy (part.1): Cintaku Bertepuk Sebelah Tangan – Jumat, 21 Mei 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  3. QuBisa Goes to Campus Universitas Pertamina – Sabtu, 22 Mei 2021, Jam 15:00 – 16:30 WIB
  4. Curhat Seputar Kantor: Cari Muka – Rabu, 26 Mei 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  5. Mantan, (Alumni Hati Yang Suka Ngajak Reuni) – Jumat, 28 Mei 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  6. Penyesalan Trilogy (part.2) : Aku, Masa Lalu, & Traumaku – Jumat, 04 Jun 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  7. Katakan Putus?! – Jumat, 11 Jun 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  8. Penyesalan Final Trilogy : Cinta Atau Nafsu (Habis Manis Sepah Dibuang) – Jumat, 18 Jun 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB
  9. Ghosting : Ditinggal Tanpa Alasan – Jumat, 25 Jun 2021, Jam 19:30 – 21:00 WIB

Nah, ada sekitar 9 webinar dari Indonesia di QuBisa yang bisa diikuti selama bulan Mei dan Juni 2021. Cocok untuk teman-teman yang sedang merencanakan karir dan pengembangan diri yang penting sekali untuk masa depan. Juga seputar masalah percintaan yang saat ini kadang bisa mengganggu karier.

Mempersiapkan pengembangan karir dan juga diri akan membantu kita untuk menghadapi segala tantangan yang mungkin hadir tanpa terduga. Selain itu, ketika kita bisa berkembang, maka kita akan terus belajar, dan skill yang dimiliki akan bertambah banyak.

Mudahnya Mengikuti Kursus di QuBisa

Bagi saya pribadi, kursus tanpa biaya, atau sebut saja gratis dan bisa dilakukan secara online di QuBisa ini mudah untuk diakses. Kamu hanya perlu menyediakan perangkat elektronik yang bisa terhubung ke internet. Bisa laptop, komputer, tablet, ataupun smartphone.

Sementara itu, untuk mengikuti kursus online gratisnya, kamu hanya perlu mengunjungi situs webnya. Kemudian pilih kategori yang tersedia, dan tentu saja sesuai keinginan. Nanti akan ditampilkan video yang ada pada kategori tersebut. Baik itu microlearning, kursus, webinar, paket kursus, kurus keterampilan digital milenial, dan keterampilan sukses milenial.

kursus online panduan editing video dengan VSDC gratis
Contoh kursus online gratis yang saya ikuti

Langkah selanjutnya adalah klik atau buka judul webinar gratis asli Indonesia yang kamu kehendaki. Lalu tekan tombol daftar sekarang. Nah, kamu hanya perlu mendaftar “jika belum mempunyai akun untuk login.” Sementara jika sudah, langsung saja masukkan email, atau username, dan password terdaftar.

Setelahnya halaman kursus yang diinginkan akan terbuka, dan menampilkan jumlah modul yang tersedia pada kursus tersebut. Jika sudah selesai, kamu bisa memberikan rating untuk instrukturnya.

Eh ya, ada yang baru lho di QuBisa. Selain banyak kursus gratis, dan webinar gratis, kamu juga bisa mengumpulkan poin hingga bulan Juli. Di mana nantinya kalau masuk 50 besar akan mendapatkan hadiah 200k untuk setiap peserta.

Pengalaman Mengikuti Kursus Panduan Editing Video dengan VSDC Video Editor

Contohnya saya mengakses kursus cara edit video dengan VDSC dari pak Su Rahman (penulis 48 buku IT). Yang juga pemilik situs web surahman.net. Ada total 10 modul dengan durasi pembelajaran sekitar 1 jam. Ada modul Pengantar,  Cara Mendapatkan VSDC, Cara Membuat dan Menyeting Project Video, Memotong dan Menyambung Video.

Kemudian juga mempelajari Efek Transisi Video, Editing Audio di Video, Menyimpan dan Ekspor Project Video, Menyisipkan Video dan Gambar ke dalam Video Secara Overlay, Efek Split Screen di Video, serta Memasang Tulisan dan Membuat Animasi Tulisan di Video.

Setiap modul diterangkan dengan runut, mudah dimengerti, dan juga disertai contoh realnya. Tak hanya itu, dari kursus ini saya jadi tahu kalau ada software editing video yang gratis, dan mudah digunakan.

Mudah, bukan menggunakan platform belajar online Indonesia ini untuk melakukan upgrade keterampilan di dunia digital dan mengembangkan diri sesuai perkembangan, zaman? Ayo kamu coba juga mulai hari ini!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© All Right Reserved