Payment Link di Midtrans Membuat Transaksi Pembayaran Jadi Lebih Mudah

Dalam membangun bisnis online, selain melakukan digital marketing, pebisnis pun perlu memperhatikan sistem pembayaran yang memudahkan kedua belah pihak. Baik dari sisi pebisnis maupun konsumen. Terlebih lagi jika transaksi tidak dilakukan melalui bantuan e-commerce.

Kamu bisa saja membuka rekening di setiap bank agar bisa memberikan banyak pilihan kepada pelanggan, hanya saja cara ini tidak terlalu efisien. Apalagi jika kamu baru saja mulai mendirikan usaha perseorangan ataupun UMKM. Belum lagi jika pelanggan meminta opsi pembayaran dilakukan melalui e-wallet atau minimarket.

Jadi, bagaimana solusinya?

Berkenalan dengan Payment Gateway Midtrans

Baru-baru ini, saya terpikir untuk menghidupkan kembali bisnis kecil-kecilan yang dikelola sendiri dan pemasaran serta pemesanannya dilakukan melalui media sosial. Soalnya setahun ke belakang banyak yang komplain terkait metode pembayaran online yang saya terapkan. Ya, hanya ada 2 pilihan bank saja. Namun, baru-baru ini saya mengetahui kalau ada layanan payment gateway yang membuat online payment jadi lebih mudah, yaitu Midtrans.

Midtrans adalah layanan payment gateway yang masuk dalam ekosistem pembayaran di Gojek Group dan termasuk perusahaan di bidang financial technology (fintech). Midtrans mempunyai misi untuk mendukung pertumbuhan seluruh lini bisnis online melalui pembayaran secara menyeluruh dan berdasarkan sudut pandang yang sama dengan para pengusaha.

Midtrans menyediakan layanan pembayaran online untuk beragam jenis usaha. Mulai dari startup, UMKM atau usaha perseorangan, hingga bisnis berskala besar. Nah, di Midtrans ada fitur yang dinamakan Payment Link untuk memudahkan proses transaksi online yang dilakukan pembeli pada toko kamu.

Kelebihan Payment Gateway Midtrans

Sebelum membahas pengalaman saya dalam menggunakan Payment Link, boleh kan saya sebutkan terlebih dulu keunggulan dari payment gateway Midtrans ini?

Metode Pembayaran 24 Jam

Midtrans adalah salah satu payment gateway Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran selama 24 jam nonstop. Jadi, pelanggan bisa membayar transaksi di tokomu tanpa batasan waktu.

Pilihan Payment Lengkap

Tidak dimungkiri jika pilihan sistem pembayaran online yang lengkap merupakan salah satu nilai lebih di mata konsumen. Mereka jadi punya pilihan untuk melakukan pembayaran melalui metode yang disukai. Ada pembayaran melalui kartu debit atau virtual account, seperti Permata, BCA, Danamon, BNI, BRI, CIMB, Prima/Alto, dan lainnya.

Kemudian, ada juga pilihan kartu kredit, seperti Visa dan MasterCard. Sementara itu, pembayaran melalui e-wallet bisa dilakukan dengan QRIS, GoPay, hingga ShopeePay. Lalu, pelanggan pun bisa membayar melalui gerai ritel, seperti minimarket Alfamart dan Indomaret.

Hanya Dibebankan Biaya Transaksi yang Sukses

Menggunakan payment gateway untuk transaksi online memang dikenakan biaya transaksi bagi pelanggan. Biaya transaksinya dikenakan untuk setiap transaksi yang sukses saja. Dengan kata lain, sebagai pebisnis kita harus membayar biaya transaksi ketika transaksi berjalan sukses atau dana pembayaran masuk ke akun payment gateway Midtrans milikmu. 

Jadi, tentunya tidak akan ada biaya bulanan ataupun potongan lainnya lagi. Integrasi website, aplikasi, hingga Core API bisa diakses secara gratis. Sementara itu, biaya untuk setiap transaksi yang sukses berbeda-beda, bergantung pada pilihan online payment-nya. Misalnya, untuk bank transfer atau virtual account itu 4 ribu rupiah per transaksi. Untuk lebih lengkapnya, bisa cek pada tabel gambar berikut.

Metode pembayaran melalui payment link midtrans

Pendaftaran Akun Mudah

Ini juga termasuk kelebihan dari Midtrans. Registrasi akunnya mudah dan cepat. Bisa dilakukan melalui website desktop. Setelah mengisi form registrasi, selanjutnya akan ada email berisi link verifikasi. Lanjutkan pengisian data-datanya, termasuk registrasi bisnis setelah melakukan aktivasi akun.

Baru perlu foto KTP saat mendaftarkan bisnis sebagai perseorangan. Di sini kamu diminta mengisi nama bisnis, alamat, bergerak di bidang apa, lalu masukan link website bisnis, atau kalau tidak punya, seperti saya, pilih memasukan link media sosial bisnis hingga rekening bank untuk nantinya menarik dana yang terkumpul. Baru deh klik lembar persetujuan untuk mengajukan kalau bisnis saya ini bukan bisnis bodong, dan tidak termasuk kategori terlarang atau ditolak oleh Midtrans.

Manfaat Menggunakan Payment Link dalam Pembayaran

Selesai proses registrasi bisnis, saya mencoba salah satu fitur unggulan yang ada di Midtrans, namanya Payment Link. Payment Link ini merupakan fitur untuk mengubah atau meng-customize link pembayaran agar sesuai dengan keinginan atau pelanggan kamu. Dengan kata lain, Payment Link ini adalah tautan sederhana yang bisa mengarahkan pembeli untuk melakukan online payment kepada kamu sebagai penjual.

Pada Dashboard Midtrans, pilih menu Payment Link. Setelah ditekan akan muncul tombol create atau buat. Pada bagian order ID nya sudah terisi otomatis dari Midtrans. Kamu hanya perlu mengisi bagian expired date link pembayaran. Kemudian link ini bisa digunakan untuk pembayaran berapa kali.

Kamu juga bisa memilih kembali metode pembayarannya apakah akan dicentang semua atau beberapa saja. Di bagian custom field tadi saya isi nama bisnis saya. Lalu isikan juga kolom item ID, item name, harganya, jumlah yang dibeli, total yang harus dibayar. Bisa memasukan lebih dari 1 item juga. Cocok banget kan buat yang punya bisnis online, misal jualan aksesoris atau baju, terus dibayarnya digabung tapi ada rincian per itemnya juga seperti di e-commerce.

Kalau ingin lebih lengkap, kamu juga bisa set data email, nama, dan nomor pelanggan supaya bisa otomatis mengirim rincian tagihan dan Payment Linknya ke email mereka. Baru deh klik create payment.

Nah, mudah banget kan untuk menggunakan Payment Link ini. Bisa disebar melalui WhatsApp dan SMS juga link pembayarannya. Lalu ketika dibuka oleh pembeli akan menuju ke pilihan metode pembayarannya mau lewat online payment yang mana. Setelah berhasil melakukan pembayaran, sebagai penjual saya tidak repot lagi cek manual, ada notifikasi settlement atau berhasil di aplikasinya.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Midtrans (@midtrans_com)

Payment Link di Midtrans bisa jadi solusi untuk membuat transaksi pembayaran pesanan pelanggan jadi lebih mudah dan bisa dipantau secara berkala melalui satu aplikasi saja. Yuk tunggu apa lagi, yang mau mempermudah sistem pembayaran bisnisnya bisa coba pakai payment gateway Midtrans!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.