Mau Beli Smartphone? Perhatikan Hal ini!

Home / Mau Beli Smartphone? Perhatikan Hal ini!

Mau Beli Smartphone? Perhatikan Hal ini!

Juli 25, 2020 | Teknologi | Tidak ada Komentar

Seiring berkembangnya teknologi dan peningkatan jaringan internet saat ini. Desas-desusnya menjelang jaringan 5G, kan gaes. Maka tak heran jika dunia gadget semakin ramai dengan kehadiran deretan smartphone terbaru. Spesifikasinya pun bermacam-macam. Umumnya tergantung dari range harga.

Jika diperhatikan, dalam sebulan saja selalu ada ponsel pintar tipe baru yang diluncurkan. Rasanya dunia penuh sesak dengan lautan gadget. Tapi ya, buat orang yang gadget freak, munculnya tipe smartphone baru bisa jadi hal yang menantang.

mau beli smartphone bagus perhatikan hal ini ya

Ya, pasti rasanya tidak sabar ingin segera me-review dan mengotak-atik gadget terbaru yang beredar di pasaran. Tentunya ini berbanding terbalik dengan user yang kurang paham dengan dunia teknologi.

Karena pada kenyataannya, tidak semua orang paham benar dengan dunia gadget. Bagi orang awam, deretan spesifikasi bisa jadi hal yang membingungkan. Hayo, kamu termasuk yang kayak gini tidak, gaes? Eits, santai, tidak perlu malu ya meski tak melek teknologi teranyar. Semua itu normal.

Tips untuk Membeli Smartphone

Untuk yang merasa tidak begitu familier dengan teknologi smartphone zaman sekarang, tolong ya kalau beli jangan cuma memperhatikan harganya saja. Kemudian beranggapan jika semakin mahal pasti makin bagus ponsel pintarnya.

Nih, ada beberapa tips untuk kamu yang hendak membeli smartphone bagus :

1. Cek Kecepatan Processor-nya

Jadi gini lho, tinggi kecepatan processor dari sebuah smartphone akan mempengaruhi kinerja dari ponsel pintar yang kamu miliki tersebut. Rumusnya kurang lebih begini, semakin tinggi kecepatan processor smartphone, apalagi jika punya banyak inti core, sudah bisa dipastikan kalau performanya untuk melakukan berbagai aktivitas atau multitasking oke punya.

Tak cukup sampai di situ, smartphone-mu yang punya banyak inti core pun pastinya anti nge-lag alias mampu mengerjakan tugas dari aplikasi-aplikasi yang ada dengan lancar.

2. Random Access Memory (RAM)

Random Access Memory alias RAM adalah salah satu faktor utama yang penting untuk diperhatikan saat kamu ingin membeli smartphone yang bagus. RAM adalah komponen penting yang mendukung kinerja processor dalam ponsel pintarmu.

Sistem kerjanya kurang lebih yaitu, RAM akan berkolaborasi langsung dengan processor untuk mengolah data dalam smartphone-mu. Kalau kapastitas Random Acces Memory yang tersedia semakin besar, maka ponsel pintar milikmu akan lebih ciamik lagi saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

3. Lihat Fitur Break Resistant-nya

Selain processor dan RAM, fitur break resistant ini tak kalah penting untuk dipertimbangkan saat kamu yang sedang mencari smartphone bagus. Yang dimaksud dengan break resistant ini adalah daya tahan telepon gengam saat jatuh.

Yah namanya juga manusia, kadang sudah dijaga baik-baik pun masih saja tidak sengaja merusaknya. Jatuh lah, terlempar dan sebagainya. Nah, kalau smartphone-mu mempunyai fitur break resistant ini, maka ia mampu mengamankan ponsel pintarmu dari ancaman kerusakan.

4. Kapasitas Baterai

Besaran kapasitas daya ini sering kali dikesampingkan saat proses memilih smartphone. Baterai dianggap sama untuk semua jenis ponsel pintar. Itulah yang namanya salah kaprah.

Sebab, jika kamu hendak mencari smartphone yang bagus, kamu juga harus memperhatikan kapasitas baterainya. Semakin besar kapasitas baterainya, daya hidup ponsel pintarmu akan lebih lama.

Carilah smartphone yang punya fitur baterai seperti : penghematan daya baterai, fitur turbo charging (mengisi daya baterai dengancepat). Kenapa harus memilih seperti yang disebutkan sebelumnya? Karena itu akan memudahkanmu untuk mengatur konsumsi baterai agar lebih efisien.

5. Harga

Boleh dibilang harga adalah hal teraakhir yang perlu diperhatikan setelah semua fitur-fitur tadi terpenuhi. Jika kamu bertahan dengan harga mahal dan menganggap ia pasti bagus, ya … tidak bisa disalahkan juga sih.

Namun yang perlu diingat, terkadang ada smartphone dengan harga yang relatif sama tapi fitur yang ditawarkan jauh berbeda, malah bisa jadi spesifikasinya lebih tinggi. Inilah kenapa kamu tak boleh menjadikan harga sebagai satu-satunya tolak ukur untuk menilai bagus tidaknya ponsel pintar yang akan kamu beli.

Lebih teliti lah dan rajin-rajin cari review terkait merek maupun jenis smartphone incaranmu saat akan membeli. Bisa melalui media sosial, saluran YouTube, blog dan lainnya. Oh iya, tak perlu fanatik dalam mengunggulkan atau mengelu-elukan suatu merek sehingga mengesampingkan kekurangannya.

Jadi, memilih sebuah smartphone bagus ini anggap saja seperti latihan untuk memilih jodoh ya gaes. Harus dipertimbangkan dengan baik supaya tidak menyesal kemudian sekalipun smartphone yang dibeli masih kena tanggung alias kentang.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *