Ini Dia Beragam Manfaat Memiliki Rekening Tabungan Lebih dari Satu

Saat ini kebanyakan orang tentu sudah memiliki rekening tabungan. Terlebih, syarat untuk memiliki tabungan sendiri terbilang sangat mudah. Tidak mengapa juga apabila Anda membuka rekening lebih dari satu, agar penempatan keuangan jauh lebih terorganisir dan terarah secara efektif. Berbeda jika daftar pinjaman online, pastinya lebih hati-hati.

Apa Saja Manfaat Memiliki Rekening Tabungan?

Tahukah Anda, bahwa memiliki tabungan bukanlah hal yang sulit. Keberadaannya bahkan dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatur keuangan agar lebih mudah. Salah satu caranya adalah memiliki rekening dengan jumlah lebih dari satu. Di bawah ini manfaat selengkapnya:

1. Pemisah Simpanan dan Tabungan

Saat Anda memiliki rekening, maka pastikan memahami bahwa tabungan dan simpanan adalah dua hal berbeda. Oleh sebab itu, usahakan untuk mempunyai dua atau tiga rekening agar dapat membantu dalam memisahkan kedua hal tersebut sehingga lebih efektif dalam menyimpannya.

Rekening simpanan sendiri bersifat penampungan dari penghasilan yang diperoleh. Simpanan ini sendiri dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bulanan. Sedangkan tabungan bersifat menampung dana Anda untuk mencapai tujuan. Seperti persiapan dana darurat, pendidikan, dan lainnya.

2. Menyediakan Keperluan Khusus

Saat Anda memiliki tabungan di bank tersebut, maka tentu saja dapat dijadikan untuk menyediakan tempat khusus untuk menabung, investasi, atau keperluan dana yang lainnya. Contohnya saja saat ingin membuka rekening bank untuk investasi, maka pilih dengan keuntungan besar.

Apabila ingin menggunakannya untuk keperluan kartu kredit, usahakan memilih rekening yang dapat memudahkan pengguna saat membayar cicilan kreditnya. Dengan begitu, setiap nasabah dapat lebih mudah dalam melakukan pembayarannya. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal sebelum memilihnya.

3. Berhemat Lebih Efektif

Saat Anda memiliki uang Rp 10.000 juta di satu rekening saja, maka tentu saja cenderung akan mengeluarkan dana lebih dari target bulanan seperti biasanya. Hal ini tidak lain karena adanya perasaan tabungan di dalam bank tersebut masih cukup banyak untuk digunakan.

Berbeda jika mempunyai rekening lebih dari satu jumlahnya. Tentu saja akan lebih efektif dalam berhemat. Pasalnya, Anda akan lebih selektif dalam menentukan pengeluaran bulanan yang benar-benar penting dan dibutuhkan saja. Dengan begitu, proses menabung juga akan lebih terukur.

rekening tabungan banyak memudahkan dalam mengontrol arus keuangan

4. Mudah Mengontrol Keuangan

Saat memiliki dua rekening berbeda, maka tentu saja akan lebih mudah dalam mengontrol keuangan. Contohnya saja tabungan pertama digunakan untuk pengeluaran bulanan atau sehari-hari. Selanjutnya yang keedua dapat Anda manfaatkan untuk simpanan darurat.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Kegiatan mengontrol keuangan tersebut juga akan lebih cermat. Terlebih sekarang ini setiap orang dapat dengan mudah membuka rekening walaupun lebih dari satu sehingga tidak perlu ragu mencobanya.

5. Mudah Mengatur Arus Keuangan

Setiap orang tentu memiliki pos keuangan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Tentu saja hal seperti ini dapat menjadi dasar seseorang mempunyai rekening lebih dari satu. Tabungan berbeda tersebut akan lebih mudah bagi Anda dalam mengatur pos keuangan.

Dengan cara ini juga dapat lebih efektif dalam mengatur arus keuangan. Tentu saja kebutuhan sehari-hari maupun bulanan bisa tercukupi dengan baik. Tentu tidak perlu khawatir terlalu banyak mengeluarkan uang karena sudah menerapkan langkah tersebut.

6. Lebih Fokus ke Tujuan

Terakhir, mempunyai rekening dengan jumlah lebih dari satu juga akan membantu Anda dalam mengarahkan seseorang untuk mencapai tujuan. Terlebih jika sudah merencanakan sebelumnya. Pasalnya, setiap orang dapat membagi tabungan ke tempat berbeda.

Akan tetapi, lebih konsisten dan terasa lebih mudah agar terus fokus ke tujuannya. Contohnya saja mempunyai tujuan untuk masa depan bagi rekening pertama. Kemudian pada tabungan yang kedua dapat disisihkan khusus berlibur, berbelanja, ataupun membayar cicilan.

7. Sumber Dana Darurat

Seseorang juga dapat memiliki simpanan uang lebih dari satu. Terlebih apabila ingin menjadikannya sebagai sumber dana darurat. Dengan begitu, hanya akan diambil apabila terdapat masalah secara mendadak sehingga memerlukan biaya berjumlah cukup banyak.

Hal ini berarti saat terjadi kondisi mendesak Anda sudah tidak perlu lagi mencairkan dana atau mengambil uang yang harusnya digunakan untuk menabung. Tentu saja tidak akan mengganggu target tabungan karena sudah menyiasatinya dengan dana darurat.

Setelah memahami beberapa manfaat memiliki rekening tabungan lebih dari satu di atas, maka tentu tidak perlu ragu untuk segera membuatnya. Terlebih, pihak bank sendiri tentu akan menawarkan pembukaan dengan cara mudah sehingga tidak memerlukan waktu lama.

tabungan terbaik, maka kunjungi saja halaman berikut https://www.cekaja.com/tabungan. Dengan begitu, lebih mudah dalam menyimpan uang sesuai kebutuhan masing-masing. Cekaja.com sendiri merupakan platform informasi terlengkap yang dapat Anda andalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.