Persiapan Masuk ke Dunia Kerja Bersama Aplikasi Siap Kerja

Salah satu hal yang menunjukkan kita sudah dewasa adalah mencari kerja, sebagai salah satu dari sekian banyak orang dewasa tersebut, saya juga pernah mengalami masa-masa pencarian lowongan kerja. Manis pahitnya sudah pernah saya rasakan, dan terus terang saat mencari kerja saya merasa sangat minder.

Kenapa? Ada banyak alasan dan akan saya bahas di dalam artikel ini. Padahal sebelum berangkat ke tempat interview, saya sudah merasa sangat percaya diri dan merasa mampu untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh team rekrutmen.

Begitulah, baru sampai di tahapan wawancara saja nyali saya sudah keok, apalagi jika harus terjun ke dunia kerja? Bisa hancur berantakan mental saya. Hihi. 

Penyebab Tidak Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Hal itu bisa terjadi bukan tanpa alasan yang jelas, banyak sekali penyebabnya saya ternyata tak mampu bersaing di tengah dunia kerja yang begitu ketat. Antara lain adalah :

  • Tidak memiliki pengalaman kerja seperti teman-teman lainnya

Saya anak rumahan yang jarang keluar rumah, dan baru keluar rumah untuk hal-hal yang penting saja. Salah satunya untuk melamar kerja dan ternyata untuk dapat kerja pertama pun harus ada pengalaman kerja juga. Agak bingung juga sih, dengan peraturan yang satu ini. Namanya juga pemula, mana ada pengalaman bekerja? Tapi memang ada solusi untuk syarat melamar kerja yang satu ini, akan saya bahas di artikel ini.

  • Tidak punya basic public speaking yang bagus

Saya bukan orang yang pandai bicara, malah saya ini termasuk orang yang gugupan dan kurang bisa menyampaikan pendapat saya dengan lugas. Akhirnya saya lebih suka diam dan mendengarkan, efeknya adalah public speaking saya jelek sekali. Anda saja dulu ada aplikasi belajar online untuk public speaking, mungkin saya bisa lebih percaya diri. Sayangnya dulu belum populer lembaga-lembaga pendidikan begitu, dan membuat saya akhirnya tidak siap untuk bekerja di tengah banyak orang, atau harus bicara di depan banyak orang.

  • Skill terbatas

Namanya juga anak baru keluar rumah, sudah begitu lulusan SMA pula. Memang  berorganisasi saat sekolah, tapi cuma anggota biasa yang manut-manut saja. Saya juga tidak diarahkan untuk mengembangkan skill, saya pribadi juga belum merasa skill itu sesuatu yang perlu diasah sejak dini. Setelah terjun ke dunia para pencari kerja, barulah saya menyesal kenapa skill saya terbatas?

  • Kurang percaya diri

Rasa minder yang saya miliki karena kekurangan-kekurangan yang telah disebutkan sebelumnya. Ditambah lagi penampilan saya yang kurang menarik (bukan cantik, sebab cantik itu relative. Tapi lebih ke terlalu sederhana dan tidak modis), cukup berperan dalam membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Tapi itu dulu, sebelum internet makin familiar di tengah masyarakat dan akses untuk mempelajari semua skill tersebut makin mudah dijangkau melalui kursus online gratis maupun aplikasi siap kerja berbayar sekalipun. Sekarang saya lebih percaya diri untuk bekerja, dan menemukan passion saya di bidang apa. Meningkatkan skill di aplikasi siap kerja QuBisa

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Lalu bagaimana caranya supaya lebih percaya diri saat terjun ke dunia kerja? Ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Untuk kamu yang ingin melamar kerja dan terjun di dunia kerja, sebaiknya siapkan hal-hal berikut ini:

1. Mental

Mempersiapkan mental adalah hal paling penting, sebab ini di atas semuanya. Semahal apapun aplikasi belajar online yang kamu ikuti, jika mental belum dikuatkan maka hasilnya pasti tak akan maksimal. Kamu akan rapuh, mudah tersinggung dan akhirnya karir pun jalan di tempat.

2. Mengenali Diri

Seperti saya saat ini, sudah tahu apa kemampuan terbaik yang saya punya dan saya suka, yaitu menulis. Karena itu sekarang saya bekerja di bidang kepenulisan. Kamu juga harus mengetahui apa yang dirimu inginkan, apa skill yang paling menonjol dan cari aplikasi siap kerja yang bisa membantu kamu mengenali diri sendiri. Ini juga menjadi cara meningkatkan personal branding yang paling kuat. 

3. Mengasah Skill

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, skill sangat penting untuk yang ingin terjun ke dunia kerja. Untuk kamu yang masih pemula dan belum ada pengalaman kerja, solusinya adalah asah skill kamu sebaik mungkin. Ada banyak kursus online gratis yang bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan, manfaatkan dan jadilah kandidat yang paling potensial. Misalnya saja kemampuan public speaking.

4. Mengontrol Emosi

Dalam dunia kerja kamu harus berhadapan dengan berbagai macam kepribadian, dan tidak semuanya akan sesuai dengan sifat serta pembawaan kamu. Ada kalanya kamu bertemu dengan orang yang sangat menyebalkan dan bisa menguras emosi, jika kamu tidak bisa menahan emosi maka akan menjadi masalah untuk dirimu sendiri. 

5. Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Bukan hanya upskilling dan reskilling yang harus diperhatikan, namun kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Sebab bukan selalu tentang kamu, tetapi juga tentang orang lain yang merupakan rekan kerjamu. Oleh karena itu, lengkapi cara meningkatkan personal branding dirimu sendiri dengan menjadi pendengar yang baik. 

Untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan, upskilling dan reskilling sebelum terjun ke dunia kerja, maka baiknya coba cara belajar efektif di QuBisa. Karena saya sendiri sudah mencoba kursus online gratis di sana dan memang belajar gak ribet!

Kursus online gratis dan kursus online berbayar di aplikasi belajar online QuBisa

Sekarang saya bisa tahu bagaimana cara meningkatkan kemampuan dengan lebih praktis, bisa mempelajari cara meningkatkan personal branding juga lewat aplikasi belajar online yang satu ini. QuBisa adalah platform belajar online terbesar di Indonesia, yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat Indonesia untuk upskilling dan reskilling kemampuan mereka, melalui berbagai kursus online gratis dan cara belajar efektif yang sangat mudah dipahami. 

Hasilnya? Saya lebih percaya diri terjun ke dunia kerja. Mau belajar gak ribet dan langsung siap ke dunia kerja? Yuk ikut meningkatkan kemampuan di aplikasi siap kerja yang satu ini! Kamu bisa mengunduh aplikasinya melalui play store dan app store lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.