Mengatasi Lupa Password Smartphone

Mengatasi Lupa Password Smartphone

Daripada smartphone dipegang tangan-tangan jahil, mending menjaga dengan memberikan password bukan? Selain demi menjaga dari orang-orang iseng yang ingin mengintip isi smartphone kita, memberikan password pada smartphone pada dasarnya memang penting dilakukan kok.

Memberikan password di smartphone baik dengan pola swipe tertentu atau nomor sandi, bisa menjaga keamanan data pribadimu dari tindak kejahatan.

Cara Membuka Smartphone Lupa Password

Sayangnya niat baik ini kadang harus terluka karena hal sederhana. Apa itu? Lupa password. Banyak yang mengalami hal ini saat membuat settingan password baru atau terkadang karena passwordnya terlalu rumit. Kalau hal itu terjadi padamu jangan keburu panik ya. Begini cara membuka smartphone saat kamu lupa password :

Mengatasi Lupa Password Smartphone

1. Pakai fitur forgot pattern

Fitur forgot pattern alias lupa pola keamanan ini cukup manjur unntuk dilakukan saat smartphonemu tak bisa dibuka gara-gara lupa password. Fitur forgot password bisa dipakai kalau OS (Operating system) Android milikmu adalah Android dengan tipe 4.4 ke bawah. Jadi kalau kamu sudah beberapa kali salah memasukkan pattern sebanyak 5 kali di smartphone yang menggunakan OS Android 4.4 ke bawah, selanjutnya kamu akan menerima pesan yang menyebutkan untuk mencoba kembali dalam 30 detik.

Daripada 30 detik lagi kamu tetap tidak bisa mengingat pattern lock di smartphonemu, mending kamu memilih opsi “Forgot Pattern” yang ada pada layar bagian bawah. Setelah itu kamu akan diminta buat memasukkan data akun Googlemu. Jangan ragu untuk mengisi nama akun Google mu beserta passwordnya.

Nanti Google kan mengirim email yang berisikan pola keamanan di smartphonemu. Google juga kan memberikan opsi supaya kamu bisa mengganti pattern keamanan smartphonemu.

2. Pakai Android Device Manager

Pengguna Android kerap tak menyadari kalau sebenarnya Android punya layanan keamanan untuk penggunanya sehingga pengguna bisa mengontrol smartphonenya dari jarak jauh. Ini yang dinamakan dengan Android Device Manager. Jadi saat kamu lupa password atau lupa pattern keamanan, kamu bisa menggunakan Android Device Manager.

Cara menggunakan Android Device Manager ini bisa menggunakan Android milik orang lain untuk mengaksesnya. Selanjutnya kamu harus masuk dengan akun Google smartphone-mu itu

Setelah membuka tautan Android Device Manager, nanti akan ada 3 opsi yaitu Lock (Kunci Perangkat), Ring (Deringkan) dan Erase (Hapus). Kalau kamu lupa kata sandi berarti kamu harus memilih opsi Lock. Kalau Android Device Manager kesulitan menemukan perangkat milikmu klik saja refresh.

Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru yang nantinya akan otomatis menggantikan pattern kamanan, password dan PIN yang lama.

Nanti kamu hanya kan diminta untuk memasukkan kata sandi sebanyak dua kali dan klik Lock. Sekitar lima menit kemudian smartphone Androidmu sudah bisa dibuka dengan password baru tadi.

3. Gunakan Samsung find My Mobile

Ini cara pengoperasiannya mirip dengan Android Device Manager, tapi khusus untuk pengguna Samsung. Tapi sebelumnya pastikan dulu kalau kamu sudah pernah registrasi ke akun Samsung. Kalau belum pernah registrasi maka cara ini akan percuma.

Begini caranya, loginlah terlebih dahulu ke akun Samsung-mu lalu klik Lock My Screen di bagian sebelah kiri. Selanjutnya masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Tunggu sekitar satu hingga dua menit, sandi pengunci layar sudah bisa diganti ke PIN baru dan bisa digunakan buat membuka smartphone Samsung-mu yang terkunci tadi.

Jangan membuat sandi yang kerumitannya bahkan sulit untuk kamu hapal ya. Yang penting aman sudah cukup.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© All Right Reserved