Kandungan Nutrisi dan Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

tehgilang

kandungan nutrisi dan manfaat beras hitam untuk kesehatan

Tahukah kamu? Ada berbagai kandungan nutrisi dan manfaat beras hitam yang penting untuk kesehatan. Mulai dari memperkuat imunitas, membantu menurunkan berat badan hingga mencegah tubuh terserang penyakit kronis. Yuk, ketahui lebih banyak tentang manfaat beras hitam!

Manfaat dan Kandungan Nutrisi di Dalam Beras Hitam

Berbagai manfaat beras hitam berasal dari kandungan nutrisinya seperti serat, vitamin, zat besi, mineral dan protein. Warna hitam dari beras ini sendiri disebabkan oleh kandungan antosianin yang bersifat sebagai antiinflamasi, antioksidan hingga antikanker. Berikut kandungan nutrisi dan manfaat beras hitam:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Antosianin di dalam beras hitam memberikan manfaat penting untuk membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Bahkan, bukan hanya memperkecil resiko nya saja, antosianin diduga juga dapat memberi efek baik bagi pengidap kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahkan antosianin mampu memperlambat perkembangan dan penyebaran sel kanker payudara. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah beras hitam dapat dimanfaatkan sebagai obat kanker.

2. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin E di dalam beras hitam diketahui bisa membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Vitamin E dapat memperbanyak serta meningkatkan kualitas sel imun. Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan sel dalam tubuh dan penuaan dini karena radikal bebas.

Manfaat dan kandungan nutrisi beras hitam organikKandungan nutrisi dan manfaat beras hitam untuk kesehatankandungan nutrisi dan

3. Sumber Energi

Kandungan nutrisi dan manfaat beras hitam lainnya yaitu sebagai sumber energi. Seperti beras putih, sumber makanan satu ini juga mengandung karbohidrat. Tetapi, beras hitam mengandung lebih tinggi berbagai jenis vitamin B.

Di antaranya vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan B9 (asam folat). Berbagai jenis vitamin tersebut berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh. Seperti proses pembentukan energi, meregenerasi sel hingga mendorong produksi sel darah merah.

4. Memperlancar Pencernaan

Beras hitam kaya akan serat. Makanan berserat tinggi sendiri mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya sembelit. Asupan serat yang terpenuhi setiap harinya bisa memperlancar buang air besar, sehingga kesehatan usus besar juga terjaga.

Selain itu, antosianin di dalam beras hitam juga berperan sebagai prebiotik yang bermanfaat untuk memelihara bakteri baik dalam tubuh. Bakteri baik diperlukan untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

5. Menurunkan Berat Badan

Beras hitam mengandung protein lebih tinggi dibanding beras merah dan beras putih. Artinya, mengkonsumsi beras hitam lebih mengenyangkan dan bisa mengurangi keinginan makan berlebih.

6. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Kandungan dan manfaat beras hitam yang terakhir ini dapat membantu mencegah sindrom metabolik. Kondisi ini sangat berkaitan dengan kadar kolesterol, berat badan, gula darah dan lemak.

Menurut beberapa penelitian, vitamin E dan antosianin di dalam beras hitam bisa membantu menekan kadar gula darah dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, beras hitam juga dapat menurunkan berat badan, berbagai khasiat tersebut dapat menekan risiko terjadinya sindrom metabolik yang merupakan awal dari banyak penyakit kronis seperti diabetes dan jantung koroner.

Sudah tahu kan berbagai kandungan dan manfaat baik dari beras hitam? Nah, sekarang saatnya mengubah pola makan kamu dengan menjadikan beras hitam sebagai asupan harian. Kalau mau produknya, kamu bisa beli beras hitam organik di Healthy Choice.

Nutrisi di dalam beras ini masih terjaga karena belum melalui proses pengelupasan kulit. Sehingga, lapisan kulit yang kaya akan serat dan gizi di dalamnya masih utuh.

Tinggalkan komentar