makanan yang baik untuk ibu hamil

7 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Di masa kehamilan, ibu hamil tentu harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup agar bisa memberikan nutrisi yang baik untuk ibu dan janinnya, serta mempertahankan kesehatan keduanya. Sebab, jika tidak begitu, hal tersebut akan berisiko tidak baik untuk janin yang ada dalam kandungan.

Pada periode awal trimester pertama adalah waktu yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, di fase ini merupakan awal di mana janin mengalami perkembangan dan proses perkembangan janin dan terbentuknya organ-organ. Apalagi di periode ini, sang ibu kerap kali terserang morning sickness yang membuatnya susah untuk makan secara benar.

7 Jenis Makanan untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah 7 jenis makanan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar ibu dan bayi sama-sama ternutrisi.

1. Produk Susu
Minuman dan makanan yang memiliki bahan landasan susu baik sekali dimakan sepanjang hamil muda. Ibu hamil bisa konsumsi susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju untuk penuhi keperluan gizi janin dan badan.

Produk susu memiliki kandungan kalsium, vitamin D, protein, lemak sehat, asam folat yang bagus untuk perkembangan janin.

Ibu hamil bisa juga konsumsi yoghurt untuk kurangi resiko kompleksitas sepanjang kehamilan dan menangani permasalahan pencernaan yang kerap berlangsung waktu hamil.

Sedang susu dan keju dapat Mama konsumsi secara teratur selaku sumber sepanjang kehamilan.

2. Sayur dam Buah-buahan

Sayur-sayuran seperti tomat, wortel, jagung, dan terong bisa penuhi gizi janin, Ma. Begitu juga dengan sayur berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli yang kaya vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium dan anti-oksidan.

Seluruh kandung nutrisi yang ada dalam sayur itu bisa berguna untuk pencernaan dan mekanisme ketahanan tubuh.

Sayur bisa juga diproses dengan bermacam langkah seperti ditumis, dikukus, direbus, dimasak atau langsung dibuat jadi salad. Tetapi, saat sebelum diproses dan dimakan, Mama harus membersihkan dan pastikan sayur bersih dan terlepas dari pestisida.

Konsumsi buah-buahan seperti alpukat, delima, strobery, jambu, pisang, jeruk, dan apel benar-benar bagus untuk perkembangan bayi dalam kandung. Karena, buah memiliki kandungan bermacam vitamin, mineral, dan anti-oksidan.

Disamping itu, Mama bisa juga konsumsi buah jeruk yang kaya vitamin C dan asam folat dengan dijus atau langsung dimakan.

Vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk tingkatkan metabolisme dan tingkatkan ketahanan badan. Sedang kandung asam folatnya bermanfaat untuk kurangi risiko cacat pada bayi saat dilahirkan.

3. Telur

Telur adalah bahan makanan yang gampang dan murah didapat, dan gampang dibuat jadi bermacam tipe makanan yang bagus untuk ibu hamil.

4. Daging

Disamping itu, daging unggas seperti ayam dan bebek bisa juga jadi opsi makanan yang bagus dimakan waktu hamil.

Karena, baik telur atau daging unggas bisa tingkatkan konsumsi protein yang Mama perlukan keseluruhannya. Telur memiliki kandungan kolin selaku gizi penting untuk kesehatan otak dan perubahan janin.

5. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti salmon menjadi sumber vitamin D yang bagus untuk Mama dan janin di dalam kandung. Disamping itu, kandung asam lemak omega 3 nya juga bermanfaat untuk perubahan janin.

Tetapi, Mama harus menghindar tipe ikan besar dan predator seperti ikan hiu, king makarel, dan ikan kodak yang terkena mekuri tinggi.

Yakinkan Mama cuman konsumsi ikan yang telah diolah hingga masak prima.

Daging sapi atau daging kambing menjadi sumber protein yang bagus untuk perkembangan dan perubahan janin.

Disamping itu, daging sapi dan daging kambing memiliki kandungan zat besi yang bisa lebih cepat diserap oleh badan. Hingga Mama tidak perlu cemas kembali kekurangan zat besi yang dapat mengakibatkan anemia.

Kandung zink dan vitamin B pada daging juga bagus untuk jaga ketahanan tubuh, dan menolong pembangunan mekanisme syaraf dan sel darah merah.

Tetapi, Mama harus pastikan daging yang dimakan telah masak secara detail ya. Meninggalkan kemauan untuk konsumsi daging steak 1/2 masak. Walau nikmat, konsumsi daging yang belum masak dapat berbahaya untuk kesehatan janin.

6. Kacang-kacangan

Kecuali buah dan sayur, konsumsi kacang-kacangan baik untuk ibu hamil muda.

Tipe kacang-kacangan seperti buncis, kedelai, kacang polong, dan kacang tanah memiliki kandungan asam folat, kalsium dan protein yang bermanfaat untuk kurangi resiko penyakit dan cacat pada bayi waktu dilahirkan.

Disamping itu, Mama bisa juga jadikan kacang mede dan kacang almond sebgai cemilan sepanjang awalnya kehamilan. Jadi yakinkan Mama teratur untuk konsumsi kacang-kacangan ya.

7. Gandum

Gandum mempunyai banyak faedah untuk ibu hamil muda lho, bund. Gandum bisa menguragi resiko kegemukan dan diabetes waktu periode kehamilan. Karena, serat dalam gandum bisa membuat Mama kenyang semakin lama, hingga menahan Mama untuk konsumsi semakin banyak makanan.

Kandung serat pada gandum dapat menolong proses pencernaan dan kurangi konstipasi dan diare. Disamping itu, biskuit atau roti yang dibuat dari gandum menjadi opsi cemilan yang cocok untuk Mama sepanjang trimester pertama.

Itu tujuh makanan sehat untuk ibu hamil. Walaupun rerata wanita hamil alami muntah dan mual nyaris tiap hari pada trimester pertama, jangan putus asa dalam mengendalikan nutrisi makanan untuk penuhi keperluan nutrisi harian ya, bunda.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© All Right Reserved