Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Baik!

Mata adalah salah satu indra yang berharga bagi manusia karena membantu untuk melihat dan mengenali banyak hal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata tidak boleh kamu lewatkan.

Nah, di artikel kali ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk mengetahui lebih lanjut kenapa menjaga kesehatan indera penglihatan sangat penting, mengenali kegiatan yang dapat merusak mata, dan cara menjaga kesehatan mata.

Fungsi Mata dalam Kehidupan Manusia

Menjaga mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh maupun menjaga kesehatan mental. Karena mata ibaratnya jendela yang membantu kita untuk menangkap informasi visual yang berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi-fungsi mata lainnya:

  • Media untuk melihat informasi visual dari lingkungan sekitar.
  • Menyesuaikan cahaya yang masuk melalui pupil mata, sehingga dapat menyesuaikan ukuran yang mengatur jumlah cahaya masuk dan memungkinkan kita untuk melihat dalam kondisi terang maupun gelap.
  • Mata dilengkapi dengan bulu mata, kelopak mata, dan air mata yang berfungsi melindungi mata dari debu, kotoran, dan benda asing lainnya.
  • Menghasilkan air mata yang bermanfaat dalam menjaga kelembapan mata, membersihkan permukaan mata, dan melindunginya dari infeksi.
  • Dapat membedakan warna dan menangkap spektrum cahaya yang berbeda.
  • Mengatur gerakan, Jadi, mata bekerja sama dengan otak dan sistem saraf untuk mengatur gerakan bola mata, yang membantu kita untuk fokus pada objek yang bergerak atau berubah.
  • Memperlihatkan emosi, sehingga kita dapat mengekspresikan kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, dan berbagai emosi lainnya melalui gerakan pupil, kelopak mata, dan ekspresi wajah.

fungsi mata dalam kehidupan manusia

Hati-hati, Kegiatan Ini Bisa Merusak Mata

Disadari atau tidak, ada banyak kegiatan yang bisa merusak mata lho. Nah yuk cari tahu supaya kamu tidak merusak mata juga!

1. Blue Light dari Gadget

Terlalu banyak waktu di depan layar komputer, ponsel cerdas, atau televisi dapat menyebabkan kelelahan mata dan meningkatkan risiko gangguan tidur karena paparan cahaya biru yang berlebihan.

2. Ketegangan Mata

Menatap layar komputer atau membaca dalam pencahayaan yang buruk tanpa istirahat yang cukup dapat menyebabkan ketegangan mata, yang dapat berujung pada sakit kepala dan penglihatan kabur.

3. Kontak Langsung dengan Debu dan Polusi

Terpapar debu, asap rokok, atau polusi udara lainnya dapat menyebabkan iritasi pada mata dan bahkan meningkatkan risiko infeksi.K

4. Kekurangan Nutrisi

Diet yang tidak seimbang dan kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E dapat meningkatkan risiko gangguan mata seperti degenerasi makula atau kekeringan mata.

5. Kontak Mata dengan Benda Asing

Memakai lensa kontak dengan cara yang tidak benar atau terpapar benda-benda asing seperti serpihan kayu atau bahan kimia dapat menyebabkan iritasi dan luka pada mata.

6. Paparan Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai dapat meningkatkan risiko kerusakan mata jangka panjang seperti katarak atau degenerasi makula.

7. Kurang Istirahat

Kurang tidur atau kelelahan yang berkelanjutan dapat menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi, serta meningkatkan risiko ketegangan mata.

8. Menggosok Mata Secara Kasar

Menggosok mata dengan kasar dapat menyebabkan iritasi dan bahkan kerusakan pada permukaan mata, terutama jika tangan tidak bersih.

9. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata serius seperti degenerasi makula dan katarak.

manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ada langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai cara menjaga kesehatan mata, di antaranya:

1. Istirahat Secara Teratur

Selama bekerja di depan layar atau melakukan pekerjaan yang memerlukan fokus visual, pastikan untuk mengambil istirahat singkat setiap 20-30 menit. Ini membantu mengurangi kelelahan mata.

 2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kaya akan antioksidan seperti wortel, bayam, dan ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk minum air yang cukup untuk menjaga hidrasi mata.

3. Gunakan Alat untuk Melindungi Mata

Saat bekerja di bawah sinar matahari atau terpapar cahaya biru dari layar elektronik, gunakan kacamata hitam atau filter cahaya biru untuk melindungi mata kamu.

4. Periksa Kesehatan Mata secara Berkala

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur oleh profesional kesehatan mata dapat membantu mendeteksi masalah mata sedini mungkin dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

5. Menggunakan Pencahayaan yang Cukup

  • Membuat mata tidak lelah karena dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata saat membaca atau bekerja di depan layar, sehingga mengurangi risiko kelelahan mata, sakit kepala, dan penglihatan kabur.
  • Meningkatkan kualitas penglihatan. Pencahayaan yang baik memungkinkan mata untuk melihat dengan lebih jelas dan akurat. Ini sangat penting saat melakukan tugas yang memerlukan fokus visual, seperti membaca, menulis, atau bekerja di depan layar komputer.
  • Membantu mengurangi risiko kecelakaan. Dengan pencahayaan yang memadai, kita dapat melihat dengan jelas saat bergerak di sekitar ruangan atau di luar ruangan, mengurangi risiko terjatuh atau bertabrakan dengan objek lain.
  • Menjaga keseimbangan. Pencahayaan yang cukup memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan tubuh, karena penglihatan yang baik memungkinkan kita untuk melihat dengan jelas objek di sekitar kita dan merespons dengan tepat.
  • Meningkatkan Produktivitas. Dengan pencahayaan yang memadai, kita dapat bekerja dengan lebih efisien dan produktif karena penglihatan yang baik memungkinkan kita untuk melihat dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan akurat.
  • Menjaga Kesehatan Mental karena dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, karena penglihatan yang baik memungkinkan kita untuk melihat dunia dengan lebih jelas dan positif.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata secara sederhana. Minggu depan saya akan mengajak teman-teman untuk menjaga kesehatan lainnya. Yup, jangan lupa mampir ke artikel Cara Menjaga Kesehatan Telinga. Sampai jumpa teman-teman.

18 pemikiran pada “Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Baik!”

  1. kebetulan kemarin pas lagi bikin kacamata dijelasin, kalau banyak kerja di depan laptop atau handphone sebaiknya setiap 20 menit istirahatin mata dulu biar mata gak lelah

    Balas
  2. secara reflek pernah loh gesek mata secara kasar karena kayak ada kemasukan debu, huhuhu, harus hati-hati nih. Harus pandai juga atur waktu untuk melihat gadget, biar nggak terus menerus menatap layar nanti bikin mata perih

    Balas
  3. mata memang jadi aset penting bagi kita. Termasuk bagi penulis dan blogger. Dan yang tidak bisa saya hindari, paparan sinar biru dari laptop dan hape, kerena merupakan bagian dari pekerjaan. Makanya saya bantu dengan melakukan hal lain. Misalnay tidur yang cukup. Dan menghindari merokok.

    Balas
  4. Menjaga kesehatan mata memang sangat penting. Mata saya terpapar oleh layar komputer dan hape sejak 30-an tahun yang lalu. Alhamdulillah sampai sekarang mata saya baik-baik saja, tidak mengalami gangguan yang berarti. Pakai kacamata pun karena faktor usia.

    Balas
  5. Duh kebiasaan merokok ternyata bikin mata ga sehat ya teh. Aku perokok, dan baru aja 2 mnggu kemarin masa bintitan. Padahal ngga no’ong siapa siapa, beneran sumpah

    Balas
  6. Teh Gilang, ada rekomendasi kacamata yang bisa melindungi dari blue light ga nih? Soalnya saya sering banget lihat gadget. Berasa banget deh kalau mata gampang lelah dan pedih. Beberapa waktu lalu bahkan rasanya bengkak, ternyata saat saya lihat mata kemerahan. Alhamdulillah mereda saat mengurangi durasi menatap layar.

    Balas
  7. Kesehatan mata memang penting sekali untuk dijaga sebab mata sangat vital fungsinya sepanjang menjalani aktivitas sehari-hari. Bagi pekerja yang banyak menghabiskan waktu di depan layar seperti saya begini nih, kadang merasa mata sangat butuh diistirahatkan sih. Semoga dengan begitu, kesehatan mata akan selalu terjaga. Selain itu, alasan saya sebal dengan perokok pun, ya karena asapnya bisa bikin mata pedih kalau lama berada di area sekitar mereka.

    Balas
  8. Istirahatkan mata ini memang harus banget dilakukan, apalagi buat kita yang bekerja di bidang digital terbilang sering sama gadget

    Balas
  9. Kesehatan mata memang penting banget dijaga karena gak ada gantinya. Pengobatannya juga lama banget kalau udah sakit. Memang harus benar benar dijaga kesehatan mata itu

    Balas
  10. Nih, adikku sekarang ini kalau nggak diingatkan soal penggunaan gadgetnya bisa lupa waktu dia. Aku agak khawatir sama kesehatan matanya. Kudu banget diingatkan buat istirahat dia tuh.

    Balas
  11. Kesehatan mata ini juga bisa ngaruh ke kesehatan lainnya. Dulu aku suka pegang hp di tempat gelap, lalu aku kena vertigo. Kata dokter salah satu faktor bisa karena pencahayaan tersebut

    Balas
  12. Kesehatan itu point penting dalam kehidupan kita. Mau banyak uang juga kalau gak sehat kan gak nyaman ya
    Jangan sepelekan kesehatan indra kita ini. Mata, telinga, kulit, semuanya harus sehat pokoknya ya

    Balas
  13. ya Allaah kwkwkw dlu tuh aku ngga terlalu care sama mata yang kayak panda ini, tapi lama-lama kok risih juga yaa hahaha. harus segera diatasi kalo ngga mau kayak pocong mumun

    Balas
  14. Menjaga kesehatan mata adalah hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Mata adalah jendela jiwa. Menjaga kesehatan mata adalah hal yang sangat penting, karena penglihatan yang baik memungkinkan kita untuk menjalani hidup dengan penuh warna dan detail.

    Balas
  15. Aku nih yg sering bgt pake gawai. Bahkan udh kecanduan yak kayaknya. Pokoknya dr bangun tdr ampe mau tdr lagi tuh ga bs lepas dr gadget. Hanya mandi dan sholat aja tuh ga pake. Wkwk. Ya tdr jg gapake sih.

    Mknya pntg bgt ya kak ngejaga mata kita ttp sehat. Biar bs digunakan ampe kita berusia senja nanti.

    Balas

Tinggalkan komentar