ide konten evergreen yang bisa diterapkan saat menulis blog

9 Ide Konten Evergreen untuk Blog

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, blogging tentu bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyalurkan bakat dan pikiran melalui tulisan. Apalagi unggahan melalui blog memiliki kekuatan yang abadi dan kuat. 

Selain itu, jika ditekuni secara serius, blog yang telah dibuat dan dikelola dengan baik dapat menghasilkan uang. Telebih kalau blognya memiliki kualitas bagus,  menghasilkan pundi-pundi uang jajan bisa berlangsung untuk jangka panjang.

Bahasan konten yang dimuat dalam blog berisi tentang tulisan seperti gaya hidup, tips dan trik, berita yang sedang hangat, tutorial, opini, fashion, makanan, tempat dan lain sebagainya.

Konten sering menjadi pertimbangan bagi para blogger untuk memulai dan mengelola blog. Salah satunya adalah konten evergreen. Konten evergreen memuat tentang bahasan dengan tempo yang abadi.

Artinya konten tersebut masih tetap bisa dibaca di segala tempat dan waktu untuk memecahkan masalah. Tentunya konten tersebut bukan memuat tentang berita atau hal yang sedang hangat/ viral dibincangkan di masyarakat.

Ini dia ide konten evergeen saat menulis artikel blog agar artikelnya panjang umur

Memang jika dilihat traffic dari konten evergreen tidak bisa langsung melejit seperti konten yang sedang viral pada saat itu juga, akan tetapi jika ide dari topik evergreen selalu relate akan mendatangkan traffic yang stabil.

Ide Konten Blog Evergreen

  • Konten DIY (Do It Yourself)

Konten ini biasa dibuat oleh para blogger dalam blog-nya. Dalam membuat konten artikel DIY di blog, kamu harus menguasai dan mengenali target pasar. 

DIY banyak diminati karena dapat menekan biaya dan menghemat pengeluaran. Manfaat lain dari konten DIY adalah untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dan mengasah keterampilan. 

Contoh konten DIY seperti membuat vas dari barang bekas, membuat bingkai foto, tempat pensil dan lain sebagainya. 

  • Resep Makanan

Resep makanan menjadi salah satu konten evergreen yang mempunyai banyak peminat. Peminatnya mulai dari Ibu rumah tangga hingga orang dewasa. 

Era modern seperti ini, teknologi menjadi pilihan utama sebagai pencari informasi. Tidak perlu melakukan kursus yang mahal, cukup membaca dan mengikuti prosedur yang telah dipaparkan.

Konten resep ini menjadi salah satu ide yang bagus. Contoh konten resep makanan adalah resep kue, resep nasi goreng, dan lain sebagainya.

  • Edukasi

Edukasi menjadi hal mendasar dan kebutuhan di kehidupan kita, entah edukasi formal, non-formal, ataupun pengembangan skill. Internet menjadi platform favorit sebagian besar masyarakat untuk menggali informasi sebanyak mungkin.

Sekarang, cukup dengan mengetikkan keyword mengenai pendidikan di internet semua orang dapat mengetahui informasi pendidikan secara lengkap. Situs penyedia edukasinya pun beragam. 

Seperti misalnya saat kita mencari pengetahuan tentang digital marketing atau pemasaran digital, pada mesin telusur akan direkomendasikan artikel-artikel seputar digital marketing agency Indonesia yang beragam dan informatif.

Konten edukasi ini akan berguna dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

  • Rekomendasi Tempat

Konten rekomendasi mengenai suatu hal menjadi konten yang sangat informatif dan dapat menjadi referensi orang-orang untuk melakukan sesuatu.

Contoh jika seseorang ingin pergi liburan ke kota besar seperti Surabaya, tentunya informasi mengenai rekomendasi sangat diperlukan.

Rekomendasi berangkat dari hasil pengalaman mengunjungi tempat dengan hasil yang memuaskan. Entah karena fasilitasnya, alamnya, hingga jangkauannya. 

Rekomendasi ini sekaligus bisa menjadi perbandingan untuk memilih mana yang lebih worth-it untuk dipilih.

  • Life Hack (Cara Cepat)

Cara mudah dan cepat seringkali dipilih kebanyakan orang untuk memecahkan suatu masalah. Carilah konten yang memuat masalah-masalah sederhana di kehidupan sehari-hari.

  • Tips

Berangkat dari pengalaman dan penelitian, tips merupakan cara sangat berguna untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Konten yang diangkat harus konten yang ringan dan relate dengan kehidupan sehari-hari.

  • Ulasan 

Ulasan merupakan pemberian penilaian baik itu penilaian yang sifatnya objektif maupun subjektif. 

Hal ini menjadi kebutuhan masyarakat agar mereka terhindar dan meminimalisir dari kemungkinan kegagalan atau kesalahan suatu produk, acara, makanan, jasa dan lain sebagainya

  • Cerita Pengalaman Pribadi

Cerita mengenai pengalaman pribadi biasanya juga banyak diminati apalagi jika kisah tersebut didasarkan pada kisah nyata.

Dari konten ini pembaca dapat mengambil hikmah dan pembelajaran serta solusi apabila pembaca suatu saat dihadapkan pada posisi yang sama.

  • Tutorial

Konten ini telah merambah di berbagai platform tidak hanya di blog akan tetapi juga di akan tetapi juga di Youtube dan media sosial lainnya.

Hal ini menjadi pilihan bagi banyak pembaca, melalui tutorial yang dibuat pembaca dapat melakukan segala sesuatu sendiri dengan mudah.

Tujuan dan Manfaat dari Konten Evergreen 

Tujuan dari konten ini adalah untuk menstabilkan traffic blog. Hal ini sangat diperlukan agar blog tidak mudah sepi akan pengunjung.

Manfaat bagi para pembaca adalah, konten ini bersifat organik, konstan dan dapat dibutuhkan sepanjang masa. 

Konten yang disajikan bukanlah konten yang sedang viral atau booming, akan tetapi konten informatif yang suatu saat bisa saja dibutuhkan oleh segala golongan masyarakat yang sedang membutuhkan.

Cara Menemukan Ide Konten Evergreen

Ide konten blog evergreen dapat ditemukan di mana dan kapan saja. Sebisa mungkin harus permasalahan yang relatable atau berdampingan di antara masyarakat.

Jangan sampai menemukan ide dari berita atau kasus terhangat, karena itu sifatnya sementara dan berjangka waktu pendek.

Tips dan Trik Membuat dan Mengelola Konten Evergreen di Blog

  • Jangan membuat konten yang sedang booming atau hangat diperbincangkan, karena sifatnya hanya sementara.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan konten dengan memuat data angka dari hasil survey. Angka ini sifatnya tidak pasti dan selalu berubah.
  • Jangan menggunakan unsur temporal.
  • Ketika mengelola blog, jangan lupa untuk menyertakan link tulisan sebelumnya yang  masih relate agar traffic tetap ramai pengunjung.
  • Harus konstan dalam meng-upload tulisan dalam blog.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik membuat blog? Ide konten evergreen harus kamu kuasai untuk meramaikan dan menstabilkan traffic dari blog yang kamu buat. Selamat mencoba!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© All Right Reserved